Jenis- jenis Perlengkapan Ukur buat Pekerjaan Kayu

  1. Home
  2. /
  3. Berita
  4. /
  5. Jenis- jenis Perlengkapan Ukur buat Pekerjaan Kayu

Jenis- jenis Perlengkapan Ukur buat Pekerjaan Kayu

Posted in : Berita on by : profootballspotlight.com

Perlengkapan ukur ialah salah satu perlengkapan harus yang wajib dipunyai oleh handal ataupun para penghobi kerja kayu. Perlengkapan ukur yang ada terdapat beragam serta memiliki bermacam- macam guna yang berbeda. Berikut ini merupakan sebagian perlengkapan ukur yang sepatutnya dipunyai oleh para handal ataupun para penghobi DIY.

Penggaris Ataupun Mistar Ukur

Mistar ukur merupakan perlengkapan ukur buat mengenali nilai panjang, lebar, besar/ ketebalan, serta kedalaman. Perlengkapan ini berupa pipih lurus dilengkapi dengan satuan dimensi metrik serta imperial. Mistar dengan satuan metrik berbasis pada satuan mm serta separuh mm, sebaliknya mistar satuan imperial berbasis pada satuan inchi dengan pembagian 16, 32, atau

64 bagian. Bila dipecah dalam 16 bagian maksudnya harga satuan terkecil adalah thickness meter

1/ 6″, bila dipecah dalam 32 bagian hingga satuan terkecil sama dengan 1/ 32″ sebaliknya bila dipecah dalam 64 bagian berarti satuan terkecil merupakan 1/ 64″.

Mistar ukur dibuat dari logam( baja ataupun aluminium), plastik, formika, ataupun kayu. Buat kerja bangku biasanya dibuat dari baja. Satu sisi mistar diberi satuan dimensi metrik serta sisi lain diberi satuan dimensi imperial, tetapi terdapat mistar yang cuma mencantumkan satu sistem dimensi pada salah satu sisinya, misalnya cuma metrik ataupun imperial. Panjang mistar antara 10 centimeter s. d. 1 m, tetapi yang biasa digunakan di bengkel kerja bangku merupakan mistar berskala ukur ganda dengan panjang 30 centimeter ataupun 12″( 1foot). Apabila dibutuhkan yang lebih panjang, ada pula mistar lipat serta mistar gulung( rol mistar) spectrophotometer .

Mistar Gulung( Rol M)

Dalam perkembangannya, meteran terbuat lebih panjang dari satu m, apalagi terdapat yang hingga 100 meter. Meteran semacam ini dibuat dari bahan serat nylon, kain, kulit ataupun lembaran plat baja tipis sehingga bisa digulung pada suatu selubung, oleh sebab itu dinamakan mistar/ meteran gulung. Panjang meteran gulung yang dibuat dari plat baja antara 2 s. d. 10 meter, meteran ini memiliki konstruksi spesial yang bisa menggulung kembali secara otomatis, sebaliknya meteran gulung kain/ kulit panjangnya dapat menggapai 100 meter namun tidak bisa menggulung secara otomatis jual alat pengukur .

Caliper Ataupun Sketmat

Jangka sorong merupakan perlengkapan ukur yang ketelitiannya bisa menggapai seperseratus mm. Biasanya dibuat dari baja tahan karat. Terdiri dari 2 bagian, bagian diam muat skala ukur utama dalam sistem matrik serta imperial, serta bagian bergerak muat skala ukur pembagi. Pembacaan hasil pengukuran sangat tergantung pada kemampuan serta ketelitian pengguna ataupun perlengkapan.

Sebagian buatan terkini telah dilengkapi dengan display digital. Pada tipe analog, biasanya tingkatan ketelitian merupakan 0. 05 milimeter( 19

milimeter dalam skala utama dipecah dalam 20 bagian dalam skala pembagi) buat jangka sorong dibawah 30cm,

Baca Juga : Khasiat serta Keuntungan Mempunyai Website

serta 0. 01 buat yang di atas 30cm.

Penjelasan Foto:

Pengukur dimensi luar

Pengukur dimensi dalam

Pengukur dimensi kedalaman

Skala utama dalam Centimeter( metrik)

Skala utama dalam Inchi( imperial)

Skala geser( vernier/ nonius) buat sistem metrik

Skala geser( vernier/ nonius) buat sistem imperial

Kunci penahan balok geser

Busur Derajat( Protractor)

Busur derajat merupakan perlengkapan yang bisa buat mengukur serta membentuk sudut antara 2 bidang permukaan barang kerja yang silih berjumpa. Protractor simpel umumnya terdiri dari cakram pipih setengah bundaran berskala mulai dari 0o hingga dengan 180o serta bilah putar. Tetapi dikala ini pula tumbuh bermacam- macam protaktor yang lebih detil serta modern dalam pengoperasiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *