Metode Menjaga Ikan Koi Dengan Baik Serta Benar

  1. Home
  2. /
  3. Berita
  4. /
  5. Metode Menjaga Ikan Koi Dengan Baik Serta Benar

Metode Menjaga Ikan Koi Dengan Baik Serta Benar

Posted in : Berita on by : profootballspotlight.com

Ikan koi berasal dari ikan mas yang ialah ikan kas dari negri jepang, koi di sebut bagaikan ikan pembawa berkah ataupun hoky untuk kamu yang memeliharannya, di jepang koi diucap kai yang maksudnya ikan bercorak. Asal usul menimpa ikan koi banyak tipe, salah satunya berasal dari persia, kemudian dibawa oleh bangsa Tiongkok ke jepang buat di budidaya.

Ikan koi tercantum tipe ikan yang gampang di pelihara. buat pakannya pula gampang, buat itu kita hendak menolong sahabat– sahabat yang belum mengenali gimana metode menjaga ikan koi dengan baik serta benar.

Serta Metode Menjaga IKAN KOI

Metode menjaga koi memanglah mudah mudah susah, artinya apabila kita bagaikan pendatang baru yang menjaga koi pastilah kita bimbang sebab banyak koi yang mati serta tidak banyak pula koi yang kita pelihara mati seluruh sebab kita masukkan koi baru ke kolam kita. Nah berikut ini aku hendak bagikan panduan menjaga ikan koi serta karantina koi baru biar tidak membuat mati koi lama. Koi merupakan tipe ikan kolam yang memiliki banyak varian ataupun tipe, semacam koi sowa, koi kohaku, koi asagi serta masih banyak berbagai tipe koi. Koi ialah ikan yang dipercaya bawa hokki ataupun keberuntungan untuk pemiliknya, tetapi buat menjaga koi haruslah dibutuhkan perawatan koi yang betul- betul ekstra. Sebab koi ialah salah satu tipe ikan kolam yang sangat susah pemeliharaannya sebab kita wajib ketahui serta paham metode yang benar menjaga koi serta pula wajib tau metode menyembuhkan koi yang sakit.

Buat sukses menjaga koi harusnya kita ketahui bermacam berbagai metode menyembuhkan koi yang sakit ataupun metode karantina koi baru saat sebelum dicampurkan dengan koi lama yang sehat. Sebab iasanya keadaan koi baru umumnya sangat riskan dengan penyakit koi, dimana bila kita gabungkan koi baru yang terkena penyakit ke kolam yang penuh dengan koi yang sehat, pastilah koi kamu hendak mati seluruh serta dapat tangisan air mata buat koi kesayangan kamu. hehehe

Berikut sebagian Panduan Metode menjaga Koi yang benar:

* Awal– tama kita wajib persiapkan kolam koi yang benar serta yang menunjang buat koi aman hidup serta berenang dikolam tersebut, antara lain: jaga mutu air kolam koi sebab itu ialah penentu keberhasilan dalam menjaga Koi, triknya Kolam koi wajib terbebas dari zat- zat kimia, umumnya kolam Koi baru yang dibuat dari semen masih menyisakan bau yang beresiko. rendam kolam dengan air hingga sebagian hari suapaya bau semen lenyap sekiranya seminggu terus kita ubah air serta seminggu setelah itu kita ubah air lagi serta rendam sepanjang 5- 7 hari baru isi dengan ikan biasa dahulu buat cek air kolam apakah layak buat ditempati ikan. Mutu air buat menunjang pertumbuhan koi secara optimum merupakan bagaikan berikut harga ikan koi blitar :

1. v temperatur air berkisar 24- 26oC,

2. v pH 7, 2- 7, 4( agak basa),

3. v oksigen minimun 3- 5 ppm,

4. v CO2 max 10 ppm,

5. v nitrit max 0, 2.

* Beli ikan koi jangan dipasar ikan jika kalian tidak dapat mengkarantina ikan koi, sebab umumnya dipasar ikan itu bukan koi karantina tetapi koi baru yang stress sebab dari ekspedisi jauh pengiriman koi membuat ikan koi stress. Serta ikan koi yang stress tentu bawa penyakit, nah jika dicampur ikan koi lama pastilah permainan over seluruh.

* Memilah Koi Yang sehat cirinya amati ingsangnya jika membiru jadi koi tersebut berpenyakit, jika nafanya tidak wajar alias keburu- buru jadi ikan tersebut stress, amati tubuhnya terdapat yang bintik merah ataupun siripnya merah jangan dibeli

* Jumlah Koi jangan terlalubayak di dalam Kolam, sesuaikan dimensi kolam dengan jumlah ikan yang dipelihara. Kolambayak membuat koi tidak berkembang maksimal serta gampang terkena penyakit

* Bagikan santapan yang seperlunya serta memilih santapan koi yang bermutu semacam san koi ataupun yang lain yang spesial santapan koi biar terjamin kesehatannya

Buat karantina koi sakit ataupun koi baru berikut triknya:

* Pisahkan koi yang sakit dengan metode mperhatikan sikap ikan tiap dikala, ikan sakit umumnya menampilkan sikap yang tidak biasa, lekas dikarantina serta diatasi, dimana kekurangan Oksigen pula jadi pemicu kematian ikan koi, perhatikan apakah Koi senantiasa mengambang di pemukaan air sampil membuka mulutnya, sikap ini hendak lebih terlihat di waktu subuh, bila demikian tambahkan aerator. Jika terdapat isyarat semacam itu langsung saja pisahkan serta beri obat healthy fish yang rupanya biru serta rendam koi dalam kolam karantina yang sudah diatasi sepanjang separuh hati setelah itu ubah air bersih sepanjang 3jam emudian beri lagi obat tersebut sepanjang satu hari serta setelah itu cek diair bersih lagi apakah telah sembuh

* Bila menaikkan ikan baru sebaiknya dikarantina terlebih dulu, yakinkan tidak bawa penyakit. Sehabis tentu tidak bawa penyakit baru dimasukkan ke dalam kolam. Sistem karantinanya sama dengan metode mengkarantina koi sakit

Sedikit pengalaman dari aku tentang menjaga koi, aku sempat menjaga koi hingga puluhan koi dengan harga jutaan rupiah, tetapi kala aku beli koi baru satu saja di pasar ikan yang belum dikarantina, hingga yang terjalin matilah seluruh koi aku yang biayanya total puluhan juta mati seluruh dalam seminggu.

Disetiap harinya koi satu persatu berguguran serta buat gw strees berat. Tetapi saat ini aku sehabis menekuni metode mememlihar koi dengan benar, hingga aku sukses menjaga koi, hingga dari seperti itu aku hendak bagikan sebagian panduan metode menjaga koi biar sehat seluruh serta tidak mati- mati. Oke mudah- mudahan berguna.

Menjaga IKAN KOI— Menjaga Koi ialah hobi yang sangat mengasyikkan, sebab keelokan ikan koi sanggup melegakan pemikiran serta menenteramkan benak. Koi berdimensi jumbo yang berenang- renang di dekat rumah jadi hiburan tertentu melepas kepenatan satu hari bekerja. Sebagian warga Jepang berkeyakinan kalau menjaga koi bisa mendatangkan hoki untuk pemiliknya. Hendak namun sebagian orang tidak sangat hirau dengan perihal tersebut. Yang jelas sebagian pecinta koi mempunyai pengalaman menjaga koi dengan penuh intensitas serta kesabaran, sebab hobi tanpa disadari menciptakan koi dengan mutu unggul serta menang dalam bermacam kontes kesimpulannya koinya di hargai dengan harga mahal, bisa jadi ini yang diucap dengan hoki dalam menjaga koi.

Terlepas dari itu seluruh untuk pecinta koi pendatang baru pasti banyak perihal yang wajib dimengerti serta dipertimbangkan saat sebelum mengawali menjaga ikan Koi. Banyak pecinta koi pendatang baru wajib stress sebab koi yang dibeli dengan harga mahal mati sehabis dimasukkan ke dalam kolam, alih- alih mau mencari hiburan dengan memandang keelokan koi berenang di kolam namun malah pusing memandang ikan koi mengapung di kolam serta terus- terusan mati. Jangan takut, berikut terdapat sebagian panduan dalam menjaga Koi untuk pendatang baru, walaupun tidak menjamin 100% keberhasilan dalam menjaga Koi namun sangat tidak meminimalkan efek kematian.

Panduan menjaga Koi

1. Persiapan Kolam Koi Yang Baik

Mutu air kolam koi ialah penentu keberhasilan dalam menjaga Koi, pakar koi berkata kalau menjaga koi merupakan mencermati mutu air kolam yang baik. Kolam koi wajib terbebas dari zat- zat kimia, umumnya kolam Koi baru yang dibuat dari semen masih menyisakan bau yang beresiko. Hilangkan terlebih dulu dengan merendam dengan air hingga sebagian hari, serta jangan buru- buru memasukkan koi ke dalam kolam. Sehabis direndam buang air serta isi dengan air bersih.

2. Memilah Koi Yang sehat

Banyak Tipe serta mutu Koi ada di pasaran serta Koi Farm, dari yang berharga murah hingga berharga mahal. Seleksi yang cocok keadaan keuangan serta selera, yang berarti Ikan Koi dalam Keadaan Sehat. Sebagian pecinta koi menganjurkan lebih baik menjaga koi dengan mutu baik 3 ekor daripada menjaga koi kurang baik dengan jumlah 100 ekor.

3. Jumlah Koi jangan sangat bayak di dalam Kolam, sesuaikan dimensi kolam dengan jumlah ikan yang dipelihara. Kolambayak membuat koi tidak berkembang maksimal serta gampang terkena penyakit.

4. Jumlah santapan yag diberikan jangan kelewatan serta seleksi santapan yang bermutu baik. Banyak santapan koi ada di pasaran dari yang berharga murah hingga mahal. Santapan Koi yang baik umumnya mahal sebab sebagian diimport dari Jepang. Tidak hanya santapan bermutu baik pula disesuaikan dengan mutu koi. Jangan hingga koi berharga 20 ribu diberi pakan dengan harga 150ribu per/ kilogram, cuma hendak membuat kantong kering tetapi perkembangan koi tidak sebanding dengan dana. Membagikan santapan secara kelewatan membuat kolam kilat keruh, berapapun santapan yang diberikan koi hendak senantiasa makan namun lekas dikeluarkan jadi kotoran.

5. mencermati Mutu air kolam dalam keadaan bersih

Mutu air sebaiknya dilindungi senantiasa normal dalam keadaan bersih, jangan hingga terdapat pergantian temperatur serta keadaan air yang sangat mencolok. mencermati Mutu air kolam dicoba dengan membuat sistem filter yang baik. Tidak hanya dengan sistem filter kolam yang baik, butuh penggantian air sebanyak 10% maksimum 1 minggu sekali, bila dibutuhkan lebih kerap dari itu. Aspek penentu corak koi antara lain mutu koi/ bloodline( 70%), air( 20%), serta aspek yang lain( 10%).

6. Bila menaikkan ikan baru sebaiknya dikarantina terlebih dulu, yakinkan tidak bawa penyakit. Sehabis tentu tidak bawa penyakit baru dimasukkan ke dalam kolam.

7. Perhatikan sikap ikan tiap dikala, ikan sakit umumnya menampilkan sikap yang tidak biasa, lekas dikarantina serta diatasi. Kekurangan Oksigen pula jadi pemicu kematian ikan koi, perhatikan apakah Koi senantiasa mengambang di pemukaan air sampil membuka mulutnya, sikap ini hendak lebih terlihat di waktu subuh, bila demikian tambahkan aerator.

8. menjaga koi untuk pendatang baru hendaknya dicoba dari dimensi kecil kurang lebih 10- 20 centimeter supaya bisa belajar mengamati pertumbuhan koi dari waktu kewaktu. Pada dimensi tersebut umumnya telah lumayan gampang buat dipelihara serta harga masih lumayan murah. Selamat menjaga Koi.

Menjaga serta menjaga Ikan Koi yang baik sesuatu keharusan untuk hobiis. Pokok dasar yang butuh dikenal merupakan kolam yang sesuai, air yang sesui serta metode pemberian pakan.

Kolam Ikan Koi Yang Cocok

Ikan Koi dapat di pelihara di kolam semen, kolam tanah, kolam halaman. merawatan ikan koi dalam aquarium tidak diajarkan. Sebab koi memerlukan areal berenang luas serta dalam. Tidak hanya itu, keelokan koi terletak pada punggung bercorak warni. Jika dipelihara dalam aquarium keelokan badan serta corak tidak nampak optimal.

Dimensi kolam koi diajarkan minimun 1, 5m x 2m dalaman 80- 50cm. Bila kolam telalu dangkal, tubuh ikan hendak selalu kena cahaya matahari. Sangat banyak kena cahaya matahari bisa merubah corak badan koi jadi pucat serta perkembangan terhambat.

Butuh dicermati jarak air ke bibir kolam minimun 25cm bermanfaat buat menghindari koi melompat ke daratan. Kolam wajib dilengkapi saluran pembuangan di bagian dasar. Di bagian atas kolam dipasang pipa buat menyalurkan air bersih yang sudah diendapkan.

Air Buat Ikan Koin Yang Baik

Filter 4 lapis butuh dipasang buat mencermati kebersihan serta kelancaran pasokan air. Filter 4 lapis adalah

Filter awal terdiri dari kerikil, pasir, serta ijuk berperan menyaring sampah serta Lumpur yang mengotori kolam.

Filter kedua berbentuk karbon zeolit berperan melenyapkan toksin, bau tidak nikmat, serta menewaskan bibit penyakit.

Filter ketiga berbentuk pestisida yang tidak mematikan kuman pengurai yang berfungsi dalam proses penjernihan air kolam.

Filter keempat berbentuk tumbuhan ataupun bebatuan yang bisa mengikat kotoran.

Derajat keasaman( pH) air yang sesuai buat perkembangan koi merupakan 6, 5- 8, 5. Buat mencermati perputaran air dapat dipasang pompa yang sanggup menyalurkan air sebanyak 25 liter per menit. Dengan metode ini, air kolam tidak butuh kerap dibersihkan, tetapi butuh mensterilkan filter serta bak filter. Triknya, semprot filter dengan air bersih dekat 5- 10 menit.

Apabila memakai penyaring ini, hendaknya penggantian air jalani 2 minggu sekali. Tujuannya buat membuang zat- zat toksin dari sisa- sisa santapan yang terurai jadi nitrit beresiko untuk kesehatan ikan.

Metode Pemberian Pakan Ikan Koi

Pakan berperan buat membentuk badan sempurna serta mencemerlangkan corak pada ikan koi, pula bagaikan media perantara buat menyembuhkan ikan koi yang sakit. Tipe pakan yang diberikan dapat berbentuk pakan natural ataupun pakan buatan. Pakan tersebut memiliki gizi balance cocok dengan kebutuhan ikan koi. Pakan hendaknya diberikan 2 kali satu hari, pagi serta sore supaya kebutuhan gizi ikan terpenuhi.

Tipe pakan yang digunakan buat memacu perkembangan ikan koi supaya badan sempurna merupakan wheat germ. Pakan dibuat dari bahan yang memiliki protein besar semacam, gandum, tepung udang, tepung ikan, serta bungkil kacang kedelai.

Isi protein dekat 32%. Tidak hanya itu wheat germ pula memiliki vit A, D, E, K, B2, B6, B12, niasin, vit C serta unsur- unsur mineral lain semacam kalsium, choline chloride, panthetonate, trace mineral, serta antioksidan.

Sedangkan, pakan buat mencemerlangkan/ mempertajam corak koi merupakan pakan memiliki zat karoten. Zat tersebut bisa memicu timbulnya corak pada ikan koi. Secara natural di dalam badan ikan koi ada zat karoten berbentuk antaxanthin menciptakan corak merah, serta lutein menghasilkan corak kuning kehijauan.

Pakan ikan koi yang memiliki zat karoten antara lain; wortel, alga ataupun ganggang Spirullina, serta Chlorella, semangka, sawi, kubis serta cabai hijau. Sebaliknya pakan dari hewan dapat diberikan kepiting, udang- udangan, krill, trout, salmon, kutu air, jentik nyamuk, cacing rambut, serta cacing darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *